Visi & Misi

Visi MI Salafiyah 2 Setail

Madrasah kami menjadi tempat tumbuh kembangnya anak didik dengan aqidah Islam Ahlussunnah wal Jama'ah an Nahdliyyah yang kokoh, cerdas emosional dan intelektual, memiliki kecakapan hidup, wawasan teknologi, budaya, rasa kebangsaan, serta dasar-dasar kesadaran global dalam nuansa penyelenggaraan pendidikan yang partisipatif bersama seluruh warga madrasah.


Misi MI Salafiyah 2 Setail
  • Menumbuhkan nilai-nilai aqidah dan moral Islam Ahlussunnah wal Jama'ah an Nahdliyyah pada diri peserta didik;
  • Mengembangkan penyelenggaraan pendidikan yang bisa mendukung tumbuh kembangnya karakter-karakter unggul pada diri peserta didik;
  • Mengembangkan penyelenggaraan pengajaran yang mampu mendorong peserta didik untuk bisa menjadi pembelajar yang kritis dan mandiri;
  • Menciptakan kondisi madrasah yang mampu menumbuhkan minat baca dan wawasan teknologi pada diri peserta didik;
  • Mengembangkan program-program madrasah yang mampu menumbuhkan kesadaran peserta didik akan kekayaan budaya dan kebesaran bangsanya;
  • Membekali anak didik dengan pengetahuan dasar dan kesadaran global yang cukup agar pada gilirannya bisa berpartisipasi dan berkontribusi sebagai warga dunia yang baik.

Indikator
  • Nilai-nilai aqidah, ubudiyyah, dan moral Islam Ahlussunnah wal Jama'ah an Nahdliyyah diterapkan secara efektif dan konsisten di kalangan peserta didik dan seluruh warga madrasah dalam bentuk budaya madrasah yang mencerminkan keimanan, ketaqwaan, integritas, dan keluhuran etika;
  • Berjalannya program madrasah yang bisa secara efektif menumbuhkan kerja keras, kedisiplinan, keuletan, kreativitas, kemampuan berkomunikasi serta berkolaborasi pada diri anak didik;
  • Adanya peningkatan profesionalitas tenaga pendidik serta pengembangan sarana prasarana madrasah secara bertahap dan berkelanjutan untuk mendukung terlaksananya pembelajaran modern;
  • Tersedia dan berfungsinya sumber-sumber belajar berupa buku, perangkat teknologi informasi, dan pendukung pembelajaran lainnya secara efektif, wajar, dan tepat guna oleh anak didik dan seluruh warga madrasah;
  • Anak didik memiliki konsep yang mapan tentang tanah air serta bangsa dan negaranya, baik secara geografis, budaya, maupun bentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia;
  • Anak didik memiliki pengetahuan yang cukup dan aplikatif tentang dunia Internasional, baik dari aspek geografis, permasalahan yang menjadi kepedulian global, serta pengetahuan bahasa asing sesuai dengan kapasitas mereka sebagai anak usia sekolah tingkat dasar;
  • Terjalinnya komunikasi serta tersedianya ruang bagi masyarakat dan orang tua siswa untuk berpartisipasi secara aktif dalam proses pendidikan serta sebagai mitra madrasah dalam pengambilan keputusan.